Monday, June 28, 2010

Strategi Kuliah ala (chef)-tian

rasanya aku pengen teriak, karena kalau strategiku berjalan lancar. semester 7 aku udah bisa nyusun skripsi dan langsung ujian kompre *dag dig dug juga sih klo ngebayangi ujian kompre*. karena aku juga gak mau menghabiskan masa muda ku di UNSRI INDRALAYA, aku jadi menyusun dengan sangat matang rencana-rencana yang akan kujalankan dalam kuliah ini agar bisa dijalankan dengan santai dan pasti.

Alur Mata Kuliah :
banyak teman2ku yang apabila menyusun mata kuliah yang mau diambil itu mengikuti teman yang lain. aku ga tau mereka emang kebetulan sama strategi nya atau hanya ikut-ikutan saja. aku harap sih karena kebetulan strategi nya sama, soalnya bisa bahaya kalau hanya ikut-ikutan saja. karena di manajemen ada pembagian konsentrasi, lebih bagus selesaikan dulu mata kuliah konsentrasi di semester 5, karena kita bisa mengambil mata kuliah seminar konsentrasi di semester 6 dan langsung deh nyusun skripsi di semester 7. tetapi disesuaikan lagi dengan jadwal kamu, maksudnya jangan sampai di sem 5 & 6 ada makul yang saling bertabrakan satu dengan yang lainnya sehingga justru itu yang akan memperlama kamu.

Nilai :
ini nih yang biasanya jadi masalah lama atau cepatnya mahasiswa tamat. intinya target nilai yang ingin kita capai itu jangan terlalu tinggi dan juga jangan terlalu rendah. semuanya harus disesuaikan dengan kemampuan pribadi dan persaingan global. jangan terlalu memaksakan diri karena apabila nilai kita jatuh, pasti mental kita sangat jatuh. jangan juga terlalu memaksakan cumlaude, apabila kamu merasa sanggup ya silahkan dicapai, tetapi apabila tidak mumpuni ya jangan terlalu dipaksakan.

ada beberapa solusi yang mungkin bisa membantu kalian :
1. manfaatkanlah semester pendek untuk mengambil mata kuliah semester atas. tetapi jangan asal ambil, sesuaikanlah jadwal mata kuliah satu dengan yang lainnya agar kedepannya tidak berantakan.
2. tetapkanlah mata kuliah apa saja yang akan kalian ambil pada tiap semester sampai semester akhir, jadi kalian sudah punya rencana untuk kedepannya. apabila kenyataan lari dari rencana, kalian pasti bisa strategi yang lain untuk menyiasati strategi awal tadi.
3. jangan pernah merubah strategi kalian hanya karena teman. teman kalian juga punya strategi sendiri-sendiri, jadi jangan pernah menjadi pengikut agar kedepannya kalian tidak menyalahkan orang lain.
4. membuat target untuk range nilai jangan terlalu memaksakan keinginan, tetapi kalian harus mengukur kemampuan kalian masing-masing.
5. kalau ingin bekerja, carilah pekerjaan tersebut 1 semester sebelum kalian yudisium atau tamat. jadi apabila kalian tamat tidak kebingungan lagi. *mudah ngomongnya tapi susah aplikasinya*

mungkin segitu aja dulu yang bisa saya sampaikan, mata juga udah tinggal 5 watt dan besok kuliah pagi juga nie. mana nie udah jam 0:07 pagi, jadi gitu aja deh saran aku. semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua bye... gute nacht

No comments:

Post a Comment