Friday, September 23, 2016

Seleksi Management Trainee Garuda Indonesia


Hai hai readers, kali ini saya mau menceritakan pengalaman saya ikut seleksi MT Garuda Indonesia. saya ikut tes tahun 2013-2014. Pada tahun yang disebutkan seleksi penerimaan masih digabung menjadi satu kesatuan MT, ntar dipisah pada saat selesai Assessment Day Test nya. Dari yang saya alami, rangkaian tes cukup panjang dan menghabiskan banyak tenaga serta biaya (untuk yang stay jauh dari Jakarta). Yang mau ambil kopi silahkan dan yang mau ambil cemilan dipersilahkan, soalnya panjang loh ini hahaha:

1. Administrasi
di tahap ini ya kalian sebisa mungkin memenuhi seluruh persayaratan yang diminta oleh Pihak Garuda Indonesia, I'm not really sure, tapi untuk saat ini di awal penyeleksian/pembukaan lowongan MT sudah dipisah berdasarkan jurusan/divisi terkait masing2. sehingga pastikan kalian tidak salah pilih job vacancy untuk MT yang tersedia.

2. Online Aptitude Test
Tahap ini adalah seleksi pertama setelah kalian lulus administrasi. tes nya berupa Verbal, Numerik, dan Psikotes. materi testnya hampir sama seperti kebanyakan test aptitude test. saya lupa ada test bahasa inggrisnya apa enggak ya. sepertinya pada saat kemarin itu saya ada deh. hahaha (maaf udah 3 tahun silam, jadinya saya lupa). Tipsnya : sering2 kerjain soal matematik dasar dalam waktu singkat tanpa kalkulator, sisanya coba kalian googling deh contoh2 soalnya, lumayan banyak kok di internet.

3. Assessment Day
Tahap ini sangat amat menantang menurut saya. FYI, tahap ini biasanya dilaksanakan di JAKARTA, jadiiiii untuk yang domisili bukan dijakarta, mulai sekarang banyak nabung, atau sisihkan bonus kalian untuk PP ke jakarta. bagi yang belum bekerja dan ada kesempatan sampai fase ini, mending kalian ngekos deh di jakarta sambil nyari part time job sekalian nungguin tes garuda kelar, atau kalau ortu kalian banyak duit ya silahkan saja PP ke jakarta.

di fase ini pada zaman saya (inget loh sekarang bisa saja berubah), ada 2 tahap test, Study Case, Interview. biasanya dibagi 2 gelombang, gelombang pertama Study Case Pagi, Interviewnya siang. sedangkan gelombang kedua sebaliknya.

Study Case : tahap ini kalian akan dikasih 1 Studi Kasus (bisnis) untuk dipecahkan dan dicari solusinya. pada saat saya kemarin, saya merupakan konsultan dan disuruh pilih 2 Prioritas mana yg harus dipilih dari 5 pilihan yang tersedia. INGAT, disini bukan asal pilih, kalian akan diberikan DATA, LATAR BELAKANG, serta SITUASI KONDISI yang terjadi saat itu. kalian dikasih laptop, alat tulis, kertas dan kalkulator. kalian harus buat Laporan yang harus diserahkan (Word), serta materi presentasi (PPT). waktunya 45 menit kalo ga salah. dikerjain sendiri loh ya. selesai 45 Menit, saat nya kalian PRESENTASI di depan psikolog serta 3 kandidat lainnya. OOH IYA, kalian akan dibagi kedalam kelompok terdiri dari 4 orang. PPT kalian akan ditampilkan di depan layar TV 32", jadi saingan kalian serta Psikolog bisa lihat presentasi kalian. masing2 dikasih waktu 5-10 menit buat presentasi. setelah semua kandidat presentasi, waktunya FGD masalah yang sama buat nentuin pilihan GRUP. Tips untuk fase ini : biasakan baca cepet, pake analisa SWOT, kalau kalian anak finance, biasakan pake EXCEL ketimbang KALKULATOR karena itu jauh lebih cepat dan bisa langsung di copas buat laporan ketimbang kalian pakai kalkulator 1 per 1 sehingga memakan waktu kalian yang terbatas itu. biasakan multitasking, sambil hitung, sambil ngetik, sambil mikir, sambil buat presentasi. selesai buat laporan langsung copas ke PPT, selesai perhitungan di EXCEL langsung copas ke word dan PPT jadi waktu kalian jauh lebih efektif dan efissien. selesai study case lanjut >>

Interview : kalo ini sih ya kayak interview pada umumnya, kalian akan di interview sm psikolog dan direkam. untuk fase ini sih ya ga ada tips, cuma jangan pernah bohong dan jadi diri sendiri saja. ga usah bohong demi keterima, karena kalian tidak akan pernah tahu apa yang sedang mereka cari. so Be yourself mates,

4. Bussiness Case Study,
Tahap ini juga dilakukan di JAKARTA. bedanya.... 3 tahap pertama dilakukan oleh pihak ketiga. assessment day dilaksanakan di SUDIRMAN, sedangkan tahap ini kalian akan langsung berhadapan dengan karyawan langsung GARUDA INDONESIA.... selamat datang di SOEKARNO HATTA INTERNATIONAL AIRPORT hehehehe. kalian testnya bukan di bandara, tapi di KANTOR Garuda Indonesia yang letakanya di kompleks bandara. Tahap ini akan menguji kemampuan kalian dalam berbahasa inggris, dimana kalian akan (lagi) dikasih studi kasus dan kali ini kasusnya berhubungan langsung sama GARUDA. for ethical reason, saya tidak akan memberikan materi kasusnya ya hehehe.INGAT, karena ini kantor garuda, jadi kalian harus bawa laptop sendiri, colokan disediakan kok. tenang aja. kalian disuruh buat analisa SWOT kok, jadi mulai saat ini coba cari materi kuliah tentang SWOT dan pelajarilah sedalam-dalamnya. waktunya 1 jam All In, PPT harus ready satu jam itu in english for sure. kalian akan disuruh presentasi di depan user, in english, dengan materi presentasi dadakan yang kalian buat tadi. di akhir presentasi kalian akan di BANTAI hahaha ga ding, kalian akan ditanya balik. Tips tahap ini : mulai latihan ngomong pake bahasa inggris di depan umum, atau minimal di depan kaca jadi kalian ga kagok. mulailah belajar buat presentasi in englihs atau mulai nulis2 pake bahasa inggris jadi kalian ntar pas test udah terbiasa. toh ga ia-sia kok kalo kalian belajar nulis in english.

5. MEDCEK & ASKAM
Kalau kalian beruntung, kalian akan dapat invitation dan schedule untuk mengikuti 2 test ini. Medical Check UP (Ga seberat pertamina) cuma pastikan kalian sehat-sehat saja luar dalam. ENAKNYA GARUDA, kalau kalian ternyata sedang ada gangguan masalah penyakit pada saat itu, kalian akan diberikan informasi by email untuk berobat serta pemulihan dan kalian akan dikasih waktu 2 minggu untuk pemulihan tersebut. saya terkena 2 gejala, 1 asam urat terlampau tinggi, dan 1 lagi urine saya bermasalah. Untunglah saya diberi tahu oleh pihak garuda, jadi saya bisa pencegahan lebih dini. Tips Fase ini : Mulailah hidup sehat dengan gaya hidup yang sehat pula

ASKAM >> saya sudah TTD untuk tidak membocorkan materi test ini, jadi maaf ya guys, kalian bisa googling & Blogwalking di tempat lain :D *Cheeerrrsss* intinya 2 test ini memiliki jadwal yang berbeda tapi masih dalam 1 rangkaian test. one thing for sure, SKCK harus ready ya untuk test ini dan pastikan kalian bawa dokumen yg LEGIT alias ORI bukan Photocopy.

6. PANTUHIR
YEAAAYYYYYY selamat !!!!! kalian udah sampai di fase akhir, saya kemarin sampai pada fase ini loh guys. hebat kan gw. hahahaha menyingkirkan ribuan bahkan puluhan ribu pendaftar hingga sampai pada fase ini. sebelum jadwal pantuhir kalian keluar, kalian akan dikasih studi kasus dan disuruh (lagi) buat analisa SWOT dan dikirimkan by EMAIL sesuai deadline yang telah di tentukan. in english for sure..... fase ini kalian akan presentasi di depan DIREKSI / BOD. ya bro DIREKSIIII. sekarang pejamkan mata kalian dan bayangkan kalian sedang ikutan KONTES THE VOICE, kalian akan berada di depan DIREKSI masing-masing divisi (kalo gw kemarin keuangan) jadi ada 6 kepala divisi keuangan yang hadir serta 1 Vice Director HRD kalo ga salah. jadi total 7 orang. ya siap2 di bantai lah ya disini. saya ga tau sistem penilaian mereka, tapi dari pembicaraan di hadapan saya, Kalo ada salah satu kepala divisi yang tertarik dengan kamu, ya kamu bakalan di lulus, kalo ga ada yang tertarik ya siap2 ga lulus. atau bahkan kalau ada yang tertarik sama kamu tapi pihak HRD ga suka sama kamu ya mohon maaf, say dada babai. wkwkwk Tips fase ini : saya ga bisa kasih tips sih soalnya saya ga lulus di fase ini. Cedih sih, tapi ya gimana ya guys, Show must go on, ga usah terlalu diratapi kegagalan, lihatlah masih ada harapan dan impian serta jalan yang tak pernah kalian tahu kalian akan berakhir dimana. mungkin saya terlalu jujur pada saat ditanya suka nya divisi apa, atau becandaan saya yang terlalu menyinggung bapak hrd nya. hehehe saya mohon maaf ya pak. semuanya pada ketawa kok, semoga saya dimaafkan. hehehe

GARUDA adalah salah satu perusahaan impian saya. saya suka travelling, saya suka dengan airplane. impian utama saya bekerja di GARUDA adalah saya Pengeeeen banget jadi salah satu tim pendukung sebagai Financial Analyst biar garuda mau beli A380. Iya A380. biar saya rada bangga dikit, Gw orang Indonesia, Kerja di Garuda yang punya A380 loooh. hehehe bodoh ya. ya ternyata team financial analyst tak melirik saya. ya sudahlah hehehe

Impian saya bisa terbang ke Eropa gratis bersama Garuda pupus karena saya ga diterima sebagai karyawan. pada waktu itu garuda masih sebagai sponsor LIVERPOOL FC. berharap bisa ke anfield atas nama garuda. Tapi guys,..... percaya deh...... Tuhan itu selalu punya jalan yang jauh lebih indah untuk hambanya yang mau berusaha, dan berpasrah diri.

walaupun saya tidak diterima bekerja di garuda, alhamdulilah saya bisa menginjakkan kaki di LIVERPOOL.... Yeeeaaaay hahaha happy ending ^_^.



walaupun sedihnya sudah tidak bisa melihat logo garuda indonesia lagi di Anfield Stadium, at least mereka pernah menorehkan/berani untuk branding di benua ini. apapun keputusan kalian untuk tidak memperpanjang sebagai Sponsorship LFC, semoga garuda bisa tetap terbang lebih tinggi melintasi langit diseluruh belahan bumi ini. salam hangat, cinta saya untuk maskapai penerbangan kebanggan saya garuda indonesia.

Salam dari Harold Cohen Library, University of Liverpool

1 comment:

  1. Maaf mas numpang nanya apa kalo gagal kita dikasih tau? atau didiemin aja?

    ReplyDelete