Saturday, April 26, 2014

Pengalaman Seleksi Pertamina : BESAR bukan berarti harus dipilih kan ?

Mengingat saya masih menganut azas "Berbagi itu Sedekah", jadinya saya mau share another story about my selection job test. kali ini Perusahaan ini yang masih saya ingat jelas karena 2x saya test dan 2x pula mengalami kegagalan. Sedih ? ya pastilah sedih tapi kegagalan saya di perusahaan ini tidak sampai membuat saya stress nangis dan ga terima *berkaca saya test di salah satu multinasional company*. saya gagal dengan hati lapang, ikhlas dan penuh penerimaan. MUNGKIN, karena saya anggap Oil & Gas Industry bukan bidang saya kali yah. setiap orang punya passion yang berbeda toh ?

selama hampir 2 Tahun saya bekerja dan 3,5 Tahun saya kuliah, saya sadar 3 kata yang menggambarkan passion saya selama saya bekerja >> Numbers, Finance & Travelling. yups, kata-kata ajaib itu yang menguatkan saya untuk bekerja pagi sampai malam dan berkutat dengan hal2 yang menurut orang membosankan. I'm in love with numbers yaaaa apapun itu baik tentang olah data Excel, Portofolio dan sebagainya. yang kedua Finance, ada hasrat tersendiri tentang dunia ini baik industry maupun divisi finance. dari kuliah juga saya udah seneng dengan dunia yang penuh dengan misteri yang selalu jadi primadona perbincangan hangat ini (SOK IYES yeee *dilempar komputer*). yang terakhir Travelling, inilah yang benar-benar menguatkan saya untuk bekerja pagi sampai malam biar bisa nabung dan travelling. yaaa kata orang sih hambur-hamburin duit yeee, tapi kalo kata saya yaaa selagi ada kesempatan, waktu dan dana kenapa ga dinikmatin tooh. wong saya juga ga ngerepotin orang kan ? hehehe. dalam setiap saya memilih perusahaan pasti ada salah satu dari ketiga unsur tersebut.

Back to the Topic --- ya perusahan ini yang menurut banyak orang adalah perusahaan primadona di negara ini. secara yeeee GAJI GEDE, BERGENGSI dimata para orang-orang, dengan benefit yang SEGAMBRENG dan pensiunan yang menanti diujung hari tua. orang tua mana yang ga kepengen anaknya kerja disini kan ? ya termasuk orang tua saya juga PASTINYA. saya mencoba masuk ke perusahaan ini hanya ingin membahagiakan orang tua saya, dimana kewajiban anak adalah membahagiakan orang tua. IYA Toh ? ya udahlah daripada kepanjangan openingnya saya mulai aja ya pengalaman saya yang berharga ini. *Seruput Rum Raisin yang pesanannya baru aje dateng*

Administrasi
dari 2x saya apply pertamina, keduanya mewajibkan saya untuk apply secara online. yang pertama saya apply dari web career nya UGM secara kebetulan saya nemu pas lagi browsing. dan yang kedua saya apply dari officially portal career pertamina yang juga secara kebetulan lagi ada recruitment yang infonya saya dapet dari kaskus. moment nya juga pada kebetulan dimana yang pertama saya masih ber"status" mahasiswa yang baruuu aja di dadar. dan moment yang kedua adalah ketika MOOD Kerja saya lagi down dimana hampir 1 minggu kerjaan saya dikantor cuma browsing, baca komik, belajar toefl & ngegosip karena kerjaan gw ga ada. hahaha untuk tahap ini ga ada tips yang bisa gw bagi karena ya based on your luck.

PSIKOTEST-yang-sangat-amat-luar biasa-lengkapnya
dari judul di atas udah bisa kalian gambarkan kan test ini bagaimana wujudnya ? yups test psikotest TERLENGKAP dan TERPANJANG yang pernah gw jalani ya hanya di TES PERTAMINA ini. hal ini guna menyaring para calon karyawan yang jumlahnya RIBUAN. benar RIBUAN. pada saat saya test di Jogja, jumlah peserta yang lulus ke tahap ini mencapai +/- 3.000an orang dan yang lulus ke phase berikutnya kalau tidak salah hanya +/- 300-400an orang. kebayang kan ? yang diambil hanya +/- 10-20% saja. yaaa artinya kurang lebih you have to give your best effort to this Test. Test nya terdiri dari 4 Tahap (kalo ga salah ingat loh ya, kalo benar ya ORAPOPO).
Tahap pertama -With Book- ini isinya test deret angka, sinonim, antonim, logika, matematika dasar, logika, serta hafalan. yaps, bener.... kalian ga salah baca kok, HAFALAN masuk di dalam materi test ini. hahaha.... tapii tenang aja ntar gw kasih tau tips & trick cara biar ngafalnya cepet TANPA melakukan KECURANGAN karena prinsip saya INTEGRITAS adalah hal yang utama. test ini rata2 10 s/d 20 soal masing-masing bagiannya. tenaaaang mas/mbak, untuk test ini kalian bisa latihan duluan dengan membeli buku2 "LATIHAN & SOAL-SOAL PSIKOTEST" di toko2 buku terdekat... dapatkan segera bukunya, buku dan kunci jawaban dijual terpisah -syarat dan ketentuan berlaku- (Nah loooh ga konsen kan gua. hahaha) lanjut lanjut. 
Tahap kedua - It's Time for Drawing- ya di segmen ini kalian akan disuruh menggambar sesuai dengan instruksi dari panitia apa aja DO & DON'T pada fase ini.kalau ga salah sih nama testnya Test gambar dan Warteg (jadi laper inget warteg deket kosan, LOL). ikuti aja instruksinya, latihlah kreatifitas kalian dan kalian ga harus LULUSAN Teknik menggambar kok untuk test ini. yang dilihat kayaknya sih filosofi dari gambar yang kalian buat. untuk fase ini gw ga bisa ngasih rekomendasi apapun karena yang tau penilaian untuk test ini hanya orang2 dari lulusan Psikologi deh. coba googling atau blogwalking yeee biar blog yang lain dibaca juga. hehehe
Tahap Ketiga -be Friendly with Numbers- YUPS, ini adalah test yang sangat amat menguji konsistensi kalian. kalo ga salah namanya TEST PAULI. menjumlahkan angka dari atas ke bawah dengan ukuran kertas A3 deh kalo ga salah. GUEDE Banget, kalo ga suka sama angka atau ngitung pastinya udah stress duluan. kalian akan dikasih waktu untuk menjumlahkan dan tiba-tiba kalian akan terhentak dengan kata GARIS sesuai dengan instruksi sebelumnya. *saya masih emosi sama instruktur yang teriak itu sampai sekarang, bener-bener kaget cuuuuy, hahaha*. dari test ini dilihat juga produktifitas kalian. untuk detailnya kalian bisa googling deh, ntar kalo gw ceritain disini bisa2 blog gw malah jadi majalah saking panjangnya gw ngepost. hehehe test ini mudah kok, hanya dibutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi, ga mudah terpancing emosi dan yang pasti tingkat kecepatan bekerja kalian juga harus tinggi.
Tahap Keempat -be Yourself- test ini hanya akan menilai karakter kalian itu seperti apa, apakah Sanguin, Melankolis, Koleris atau Plegmatis. ga usah takut dengan tes ini. cuma kalian harus jujur, kalian akan ketahuan kalau kalian bohong karena hasil testnya pasti ga valid. atau kalian di 'cap' Unknown-Characteristic-Human. hahaha kagaaak gw itu istilahnya buat2 sendiri aja. tapi beneran loh, jawablah sejujur2nya hal ini membantu team penilai untuk menempatkan kalian dengan user yang seperti apa nantinya apabila kalian sudah diterima di Pertamina.


Tips & Trick :
untuk tahap pertama, beli aja deh bukunya /browsing sambil latihan sering2, karena time limit testnya bentar banget. pesan saya untuk fase ini 1 hal, BUKAN KUANTITAS tetapi KUALITAS. ga usah sok2 tebak kancing kalau jawabn kalian toh salah. lebih baik jawab 14 benar semua ketimbang jawab semua salah setengahnya. sedangkan untuk test hafalan, kalian cukup INGAT Kategorinya apa dan huruf pertama dari masing-masing kata itu apa. kalau kalian kesulitan untuk mengingat hal tsb, buat aja kata dari gabungan huruf pertama kata2 tadi. biasanya dari 1 kategori ada 5 s/d 6 kata. misalnya kategori 1 huruf depan nya masing2 I-W-R-U-M jadiin aja kata >> IWan RUMpi dechhh..... hahaha trust me, its work. idem untuk kategori yg lainnya. huruf yang sudah muncul tidak akan muncul di kategori yg lain.
untuk tahap kedua, blogwalking aja yeee. kali aja ada anak psikologi yang ngepost mengenai hal tsb. gw bukan orang yg tepat untuk menjelaskan tahap itu. 
untuk tahap ketiga, LATIHAN-LATIHAN-LATIHAN. kalau saya kemarin testnya saya pakai KTP & ATM untuk menutupi angka yang disebelah kiri dan disebelah kanan yang lagi saya hitung. ini sedikit membantu teman2 yang sedikit kesulitan untuk konsetrasi apalagi gitung dengan dihadapkan angka yang banyak banget. daaan GA USAH PERDULIKAN PESERTA YANG LAIN. kalau mereka udah balik ke lembar selanjutnya atau minta lembar tambahan pasti kalian akan nervous, tapi jangan sampai kalian DOWN dengan hal tsb, belum tentu kok mereka lulus. percaya deh, yang penting kalian konsisten ngerjainnya jangan sampai grafik produktifitas kalian naik turun terlalu EXTREME, ini bahaya untuk penilaian kalian. 
untuk tahap keempat, Jujur *cheers*.

TOEIC
untuk test ini mudah kok, tapi ketika gw ikut test pertama di jogja fase ini ga ada. yang ada dari psikotest langsung jump ke interview user & medcek. tetapi ketika gw test kedua di balikpapan fase ini muncul di permukaan. ga tau deh apakah sertifikat toefl gw yang aduhai bohai itu ga sesuai kriteria atau mereka nya yang ga percaya atau apapun itu yang pasti namanya diinvite test ya tetep aja ikut. test ini ya based on your english skill. TOEIC ga sesulit TOEFL kok. mudah laaaah. saya aja yakin lulus kok, pasti kalian bisa laaaah . untuk practice nya kalian bisa googling, ada kok sampel soalnya. ntar kalo gw ga males dan kebetulan nemu lagi web yg gw practice gw link deh disini.

Tips & Trick :
Belajar & berlatih yeeee, jangan maleeees. namanya juga mau masuk ke perusahaan bonafit jangan males2, kalian harus usaha maksimal lah ya... sayang doooong udah nyaingin ratusan sampai ribuan peserta, udah lolos ke fase ini masa' masih males sih. hehehe mudah kok. percaya deh, ini beda sama psikotest kemarin. kalau kemarin yang penting benar, kalau ini yang penting TERISI. hitung kancing gpp kalau waktunya udah kepepet. pake feeling juga gapapa kalau waktunya udah kepepet. TAPI kalau kepepet loh ya, kalau masih banyak waktu ya JANGAN.

Interview User & HR
kalau kalian sudah sampai fase ini, I wanna say CONGRATS guys.... From Now On, you just have to fight with National Rank. iyeeee tahap ini penilaian kalian sudah di ranking berdasarkan penilaian nasional, ini sih saya dapet infonya dari forum. jadi kita bersaing sama kandidat yang tes dari berbagai kota di seluruh indonesia. di fase ini juga kalian sudah ditentukan di Perusahaan / Anak perusahaan pertamina mana, dan divisi apa kalian di tempatkan. 2x saya lulus sampai fase ini dan saya ditempatkan di 2 tempat yang berbeda. test yang pertama saya lulus di PT PDSI divisi finance (I'm Excited to work in here), dan test yang kedua saya di plot di Pertamina Persero divisi sales & Marketing (i'm not interest at all). kalian akan diuji oleh 1 orang calon user kalian (Based on Company & Divisi) dan 1 orang dari Human Resources. cuma 2 kok, test saya sama PT PDSI sangat seru dan user-nya pun sepertinya orang yang tegas dan menyenangkan. sedangkan test saya yang kedua sangat amat tidak menyenangkan. Honestly, I really don't like THAT USER. hehehe jujur bukan masalah saya diterima atau tidak. saya ga peduli jabatan orang apa, tetapi ketika mereka tidak bisa menjaga etika, haruskah saya menjaga etika saya ? hmmmm I Don't think so. tetapi kalau saya sih lebih baik kerja di perusahaan yang biasa saja dengan atasan yang RESPECT kepada bawahannya ketimbang kerja di perusahaan BONAFIT tapi kelakuannya minus. hehehe *Jangan ditiru yeee*. kalau kalian kebetulan lagi APES nemu user yang main gadget sambil ngeinterview kalian, ya kuatin niat aja yeee. kali aja dia bukan calon user kalian nantinya. kalau saya kemarin test yang terakhir kebetulan nemu yang apes, ibarat udah jatuh ketimpa tangga. udah dapet divisi yang ane kagak minat, eeeh nemu user yang beginian -interview sambil main gadget- ya gw jawab sesuka jidat gw dooong biar dianya langsung liat gw sambil berhenti main gadget. LOL. GA LULUS ? ya pasti lah ga lulus, SEDIH ? enggak sama sekali, justru saya merasa beruntung dikasih liat duluan karakter aslinya. hehehe. kalau untuk test yang pertama gw masih lanjut ke tahap medcek. kalau test yg kedua ini ga lulus ke medcek, secara kaki saya habis accident dan uratnya masih ketarik. jadinya ya percuma aja kalo lulus ke medcek juga GA BAKAL LULUS.

Tips & Trick
Ga ada Tips lain siiih, selain latihlah cara bicara kalian, try to introduce in english (berlatih sama kaca aja kalau kalian malu cari sharing partner to speak in english). dan galilah informasi mengenai PERTAMINA atau subsidiaries (anak perusahaan) sebanyak-banyaknya dan mengenai divisi yang akan kalian tempati nantinya. baca-baca web portal pertamina dan cari news terbaru mengenai perusahaan ini. 

MEDICAL CHECK UP
Untuk fase ini saya akan menceritakan pengalaman saya untuk memperebutkan tempat di PT PDSI divisi finance. ya mau gimana test kedua syaa kan cuma sampai Interview User & HR doang. untuk MedCek pertamina ini terkenal Sangat Amat Lengkap. kalian akan diperiksa mulai dari Darah, Mata, Mulut, Telinga, Paru-paru, USG, Rontgen, Urine, Feses, Jantung hingga Fisik. semua di cek kesehatannya. ya kalau kalian ada penyakit kronis ya mau gimana lagi. saya ga ngerti kualifikasi kesehatan pertamina ini seperti apa, hanya saja yang pasti ini benar2 dilihat kesehatan kalian. kebetulan pada saat test kesehatan saya ada penyumbatan di telinga sebelah kanan, jadi ya harus operasi kecil di RS di Jogja baru bisa test audiometri. dan semua biaya pengangkatan penyumbatan itu dibiayai oleh pertamina loooh. baik banget kaaaan. hehehehe Thanks ya Pertamina *Kiss + Hug*. setelah rangakaian test diatas, kalian harus test fisik yaitu lari keliling lapangan sepak bola... iya SEPAK BOLA sebanyak 4-5x putaran (tergantung lapangannya) dimana cowok maks 12 menit dan cewek 15 menit deh kalau ga salah. apes nya saya kemarin itu saya 12 menit 30 detik. hahah apeeeeees bener. saya lari sambil nahan pipis ditambah saya lari pakai sepatu kets yang bagian belakangnya udah jebol. T,T ini juga saya dari hasil minjem karena ga ada persiapan sama sekali. ga ada pembenaran siiih mengkambing hitamkan apapun, yang namanya ga lulus ya tetep ga lulus, tapi ya saya tetap berterima kasih sama pertamina yang sudah mau membiayai operasi kecil telinga saya :D. 


Tips & Trick
Jagalah kesehatan kalian mulai dari sekarang, seringlah jogging untuk melatih kaki dan nafas kalian. banyak minum dan kurangi gorengan serta junk food. lainnya ? berdoalah biar ga ada penyakit yang aneh2 hinggap di tubuh kalian. hehheeh

Masih ada test PANTUHIR setelah kalian lulus tahap medcek, untuk test ini saya tidak bisa memberikan informasi karena saya tidak pernah sampai pada fase tersebut. blogwalking lagi aja yeee. hehehe ya gituuu aja sih yang mau saya sharing mengenai fase2 test pertamina. saya hanya peserta, jadi segala informasi yang saya sampaikan murni yang saya tahu, kalau ada kesalahan informasi ya maaf toh saya juga tulis yang saya ketahui doang. intinya,ga selamanya perusahaan besar berhasil menarik perhatian para jobseeker, buktinya saya interview user yg terakhir jawabnya ngasal karena ga suka sama usernya. hahaha dan saya masih nyaman bekerja dengan kepala cabang di perusahaan dan cabang saya bekerja saat ini, dimana beliau juga memberikan supportnya untuk saya mengikuti rangkaian test ini. Thanks to Mr Naden, My Boss TOP daaaaaah. hehehe. apapun keputusan kalian nantinya GOOD LUCK ya guys... semoga bisa lulus dan lanjut sampai Sign Contract and menjadi PEGAWAI PERTAMINA yang bisa dibanggakan dan membanggakan orang tua kalian, dan semoga informasi diatas sedikit membantu kalian menghadapi test-testnya. yang pastinya KALAU EMANG UDAH REZEKI KALIAN, GA AKAN KETUKER KOK GAN :D #Cheers...... *Ke Kasir, bayar rum rasin-nya*

20 comments:

  1. Replies
    1. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CERITA CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah, hati hati teman banyak jasa pengurus yang tidak benar contoh'nya saya pernah adakan pengurusan di salah satu web ijasah di google ternyata hasil'nya saya hanya di TIPU, tapi saya'pun tetap bersabar dan alhamdulillah ternyata semua itu ada hikma'nya, dan suatu hari kemudian tak di sangka saya bertemu salah satu anggota keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya yang hilang mulai dari SD sampai S1 yang kemarin saya jadi korban kebakaran dan alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, syarat dan ketentuan cara ngurus ijasah di bawah ini wassalam..... 1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan : – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll. – Drop out takut dimarahin ortu – IPK jelek, ingin dibagusin – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain – Dll. 2. PRODUK KAMI Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D SARJANA (S1, S2).. Hampir semua perguruan tinggi kami punya data basenya. UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP STIE SUKABUMI YAI ISTN STIE PERBANAS LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA STIMIK UKRIDA UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM UNIVERSITAS SAHID DLL 3. DATA YANG DI BUTUHKAN Persyaratan untuk ijazah : 1. Nama 2. Tempat & tgl lahir 3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com 4. IPK yang di inginkan 5. universitas yang di inginkan 6. Jurusan yang di inginkan 7. Tahun kelulusan yang di inginkan 8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen 9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk 10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI, 11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE 4. Biaya – Biaya • SD = Rp. 1.500.000 • SMP = Rp. 1.500.000 • SMA = Rp. 2.000.000 • D3 = 6.000.000 • S1 = 7.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS) • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS) • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000 (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan) • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000 (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4) • Pindaht jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

      Delete
  2. Gue jadi inget medEx suru buka Sempak ama dokter Cantik Hahaahahaha lucky me :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bwahaha sama gan. ane juga disuruh buka daleman, terus "Exit way" ane di obok2 sama dokter cantik. TT

      Delete
  3. Ya Alloh tahap e akeh bangets yakkk

    ReplyDelete
  4. saya dari fakultas pertanian bisa masuk ga ya mas. duhh ingin sekali kerja dipertamina :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya sih agak susah mas soalnya pertamina udah screening jurusan di awal seleksi pemberkasan. tapi ga ada yg ga mungkin mas. kali aja pertamina suatu saat open recruitment for all major. who knows ?

      Delete
  5. Pertama dipanggil saya udah langsung wawancara hrd, katanya 1 minggu hasilnya dikirim lewat email, tp sampe skrng 1 minggu lebih blm ada email. Biasanya hasilnya kalo gak ketrima apa tetap dikirim email?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari 2x saya tes pertamina diawal pasti langsung psikotest sih mas. dan setiap selesai interview di tahap tengah menjelang akhir, jarang yg ga lulus di kasih kabar. seringnya sih yg lulus doang dikasih tau. ga tau sekarang sistem nya gimana. rajin2 buka kaskus aja mas

      Delete
  6. Gan kalau mata mines gimana ya nanti kalau pas medical check up nya? Itu tes mata untuk buta warna atau mata minus juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya rata2 BUMN masih mentolerir +/- 3 mas bro. itu sih yg sy dapet info dari kaskus. kalo sampean minus nya diatas itu therapy aja dulu mas. yg pasti itu tes 22nya, buta warna dan minus mata kita

      Delete
  7. Adik saya senin tadi pengumuman tes terakhir tersisa orang 37 dari pendaftar 2500.tapi memang lagi g nasib yg lulus tes MCU terakhir orang 18. Padahal setahu saya adik saya sehat2 saja g pernah merokok tapi jarang olahraga saja.padahal dah berharap banget klo lolos kuliahnya di tehnik pertambangan unsri bakal ditinggalkan.kmren tes pertamina bagian operator produksi migas.lumyan pendidikan dari januari sampai bulan juni langsung keluar sk nya.berharap nanti ada tes berikutnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo udah rezeki ga bakal ketukar ko. doa aja mas/mbak. hehehe buktinya saya ga rezeki di pertamina

      Delete
  8. Mas untuk step ke 2 yang wawancara harus full english kah?

    ReplyDelete
  9. Mas mau tanya saya lolos ke test screening test online pertamina dan test berikut nya yaitu smart gma verbal, numerical dan ability serta test kepribadian dri kuesioner adakah kiat2 nya dalam ngejawab serangkaian test td mas? Makasih

    ReplyDelete
  10. Mksih infonya gan ,
    Ngmg2 agan udh kerja dimana?

    ReplyDelete
  11. nice info gan .
    kalo di pertamina usia menetukan banget ga yya , kalo misal tahun ini, baru aja seminggu yang lalu usia 26th bisa masuk ga ya kira kira ? at least qualifikasi nya max usia 25th .

    ReplyDelete
  12. kak maaf mau bertanya, tes hafalan nya itu seperti apa ya? terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete