Thursday, July 29, 2010

NIKMAT bisa dirasakan asal kita IKHLAS menjalaninya.

hai...hai...hai... mbalik meneng aku nang blog-ku, wues suwi aku ora nulis (kesalahan bukan pada penulisan, tetapi pada mata anda) hehehe. iya nih... udah lama gak nulis lagi *udah kayak lebih dari 1 tahun aja, bru juga berapa hari* selain ga ada bahan, aku nya juga lagi sibuk tuh sama semester pendek (emang bener2 pendek x la pokok nya). dan juga aku baru ikutan les di lembaga bahasa unsri, jadi makin sibuk lah kayaknya, hehehe.

gini nih, aku mau nyeritain tentang kegiatan baruku yang bisa dibilang penuh kontroversi (udah kayak miyabi dateng ke indonesia gitu hebohnya) *hehehehe*, gak seheboh itu juga sih.... cuma heboh dikalangan teman-temanku aja, dan mungkin juga emang merekanya yang heboh bana. aku les bahasa inggris di Lembaga Bahasa Unsri (baca: Universitas Sriwijaya), biar lebih jelas aku buat perbandingan :

ECC : english conversation class (3x seminggu) 8 level
EGP : english for general purpose ( 3 atau 5 x seminggu) 4 level *khusus diluar anak unsri*
EAP : english for academic purpose (5x seminggu) 4 level *khusus anak unsri*
TPC : TOEFL preparation class (5x seminggu) 1 Level

masuk les jam 4 selesai jam 5.45 SORE

semua masih normal-normal aja kan, ga ada masalah. sebagai informasi, saya ngambil EAP sebagai pertimbangan dana dan juga waktu. naaah, sumber masalahnya adalah..... eng ing eng.... jreng..... jarak dari unsri indralaya (SNMPTN, PMP/PMDK, PBKD) dan unsri palembang (USM) itu tuh memakan waktu kurang lebih 1 jam 45 menit (ini adalah waktu bersih, belum termasuk ngetem - macet - ban pecah - ngisi bensin - ngambil penumpang dijalan - de el el). saya dan teman-teman saya rata-rata nge-kos di indralaya. kami juga kuliah di indralaya. jadi kalau ga benar2 niat ya susah untuk ngejalani ini, apalagi senin sampai jum'at full. jadi untuk dijalan aja udah menghabiskan waktu kurang lebih 3 jam doang. belum lagi nunggu bus, ke terminalnya, ngetemnya, belum lagi kena macet nya. hahahahag stress sendiri klo ngebayanginya.

karena saya terlalu ingin untuk les (karena masih bodoh dan tidak percaya dengan kemampuan diri sendiri) karena ini adalah target di stage 2 dalam hidup saya, makanya saya bersih keras sama teman2 saya mau les sendiri walaupun mereka ga mau bareng les nya. ya udah hari sabtu saya nyari info, ternyata ada kelas yg baru dibuka dan hari senin nya hari pertama masuk. ya udah malam nya saya minta restu sama ibu dan disetujui dengan syarat :

- 2 minggu sebelum lebaran balik
- minum vitamin setiap hari
- jangan kebanyakan belajar
- jangan telat makan
- sedia susu dan roti di kamar
- jangan lupa waktu
- jaga kesehatan

hmmm...... namanya ibu-ibu klo udah terlalu takut ya gini ini, hahaha masih wajar sih, namanya juga anak jauh disana dan ga ada yang jaga ya setumpuk syarat menanti untuk ditaati. oke deh bu.... do'akan anakmu ini.

temanku juga masih banyak pertimbangan untuk ikut, jadi ya aku sendiri aja les nya. karena aku emang niat dari hati untuk les ya ngejalaninya juga santai dan nikmat. hehe, hari pertama kulalui dengan "BASAH", iya basah... berangkat dari indralaya jam 2 (itu tuh baru keluar kuliah) langsung ke terminal kampus *keadaan cuaca gerimis*, sepanjang jalan hujan terus. sampai di unsri palembang langsung ngacir ke atm (ngambil duit buat selesain administrasi) terus ngacir lagi langsung ke lembaga bahasanya *keadaan hujan ringan - dan jalan becek*. baju jangan ditanya (bermotif batik buatan air hujan - kering dengan sendirinya). masuk jam 4 langsung berhadapan dengan AC (bisa anda bayangkan habis kena hujan langsung diguyur AC - gemeter lah dari ujung rambut sampai ujung kaki).

eits belum selesai sampai situ aja, pulangnya jam 5.45 keadaan masih hujan. aku lari aja langsung ke depan jalan (jarak 500 meter) - soalnya hujan nya ringan dan padat. dapat buskota langsung naik dan menuju ke pusat kota untuk naik bus khusus. mana macet pula menuju ke pusat kota, udah sampe sana langsung naik bus khusus. penderitaanku belum berakhir teman....... aku duduk di sebelah jendela dan SIALnya..... aku dapet yg atapnya bocor. mana bus udah penuh lagi - ga ada pilihan lagi dan ga bisa pindah. ya aku duduk disitu sampai tiba di tujuan. tapi di dalam bus yang kulakukan adalah........ senyum-senyum sendiri.

aku senyum-senyum karena mikir gini, nurani berbicara di dalam hati "sebegininya ya sep.... perjuangan untuk mendapatkan keinginanmu itu, keinginan biar bisa melihat senyum ibu dan ayahku, keinginan biar bisa menjadi motivasi buat adik-adikku" sambil ngebayangi senyum keluarga ku aku jadi ikut senyum2 sendiri.

yang anehnya gini, semenjak aku belajar bahasa jerman secara otodidak. kog aku merasa bahasa inggris itu lebih mudah dari bahasa jerman ya. tapi begitu juga aku masih suka kedua-duanya. bahasa inggris biar bisa dapet "itu" dan belajar bahasa jerman untuk persiapan. loh...loh... kepedean hahahahahg, persiapan biar kalau tiba-tiba tuhan mencampakan aku ke SWISS, aku ga perlu lagi bingung untuk minta makan disana, numpang pipis, nanya dimana tempat ngamen, dan nanya gimana caranya jual es serut tanpa orang tahu kalau itu salju yang diambil dari halaman belakang rumah orang, hahahahahag ga beres. tapi ya itulah yang membuat aku me-NIKMATI semua yang kulakukan ini. kata teman aku sih mereka ga kuat / capek kalau dari jam 8 pagi kuliah dan nyampe dikosan lagi jam 8 malam hanya gara2 les dan selama 5 x dalam seminggu pula.

tapi entah kenapa aku begitu menikmati semuanya, apalagi ketika ngebayangi orang tua ku tesenyum bangga, adik-adikku terus semangat dengan cita-cita yang mereka inginkan dan terus mengejarnya demi sebuah kata "BAHAGIA". karena menurut saya : sebagai anak, saya merasa bahagia kalau saya bisa membanggakan orang tua saya. dan sebagai orang tua , saya merasa bahagia kalau bisa membuat anak saya mendapatkan cita-cita yang ia inginkan selama hidupnya. karena kebahagiaan menurut saya adalah terwujudnya keinginan yang ada di dalam hati, segala sesuatu yang disertai dengan niat yang tulus akan berbuah kenikmatan yang tiada batas. cobalah..... insyaallah kalian akan merasakan kenikmatan tersebut.

2 comments:

  1. wah rajin bener yah belajarnya, tp bgs deh! klo mmg dr diri sendiri ada keinginan bljrnya, pst hasilnya mdh2an maximal!
    hahaha aku ketawa baca: bhs inggris lbh mudah drpd bhs jerman. iya mmg gt jg perasaanku.

    ReplyDelete
  2. mbak ika : makasih mbak atas semangatnya, ternyata ada temen yang sependapat sama pemikiran diriku kalau bahasa inggris lebih mudah daripada bahasa jerman. tapi tetap aja butuh perjuangan untuk mempelajari kedua-duanya. mbak ga mau mencoba ide-ku yang ada di blog (jual es serut pakai salju yg ada di halaman belakang rumah orang ) ? hehehehe *ide stress*

    ReplyDelete